Senin, 21 April 2008

Rosulullah

LANGKAH- LANGKAH RASULULLAH DI MADINAH

Setelah rasulullah mendapat tempat mukim sementara dirumah Abu Ayub Al Ansary, barulah beliau mengatur langkah- langjkah selanjutnya dalam membina umat dan agama islam di kota Madinah.sejak saat itu pula kota yastrib berubah namanya menjadi Madinaturrasul atau “Kota Rasulullah” selanjutnya disebut dengan madinah saja.

PEMBANGUNAN MESJID
Langkah awal yang rasulullah lakukan dimadinah adalah dengan membangun mesjid sebagai pusat segala kegiatan islam dan umat islam sehari- hari. Untuk keperluan itu maka beliau membeli sebidang tanah milik sahl dan suhail bin amr.kemudian dengan dipimpin oleh beliau sendiri yang ikut terjun bekerja bersama seluruh kaum muslim, dimulailah pembangunan mesjid yang pertama di Madinah. Sampai sekar

PERSAUDARAAN KAUM MUHAJIRIN DAN ANSHAR
Lanngkah kedua Rasulullah mempersaudarakan kaum muhajirin dengan kaum anshar dimana kaum muhajirin yang jauh sanak keluarga dari kampung halaman disaudarakn dengan kaum anshar yang meneri,a dan menolong dengan keikhlasan. Peresaudaraan ini yang beliau bina tidak hanya bersifat lahiriyah belaka tetapi benar- benar didasarkan atas ukhuwah dinniyah yang murni keluar dari hati ysang semata- mata mengharapkan ridha Allah SWT.

PERJANJIAN DENGAN BANGSA YAHUDI
Langkah selanjutnya menjalankan suatu pemerintahan yang kuat dan berakar memerlukan situasi yang aman,damai dan stabil.Untuk maksud teresebut, maka selanjutnya yang ditempuh rasulullah di madinah ialah dengan membuat perjanjian tertulis dengan bansa yahudi, dalam perjanjian tersebut diakui dan ditetapkan bahwa setiap golongan memiliki hak yang sama serta mempunyai kebebasan menjalankan syariat agamanya masing- masing dengan dasar saling menghormati dan menghargai.setiap golongan wajib menjaga dan memelihara utuhnya kedaulatan kota madinah serta siap menjadi pembela yang setia jika terjadi ancaman dan serangan musuh dari luar kota.Mereka akan menjadikan kota madinah sebagai Madinatul haram atau kota suci yang harus terpelihara kesuciannya.

DASAR- DASAR PEMERINTAHAN ISLAM
Setelah ketiga langkah tersebut dilaksanakan rasulullah dengan baik dan seksama kemudian rasulullah meletakkan dasar-dasar pemerintahn dan masyarakat islam yang kokoh dari segi ekonomi, politik, dan social. Dasar- dasar tersebut bersumber dari petunjuk Allah SWT.inilah empat langkah yang dilaksankan pada permulaan di madinah dalam membina masyarakat islam sesuai dengan ajaran dan petunjujk Allah SWT.
Sepakatlah semua pemikir muslim bahwa Madinah adalah negara Islam yang pertama, dan apa yang dilakukan Rasulullah setelah hijrah dari Makkah ke Madinah adalah memimpin masyarakat Islam dan memerankan dirinya bukan hanya sebagai Rasul semata tetapi juga sebagai kepala negara Islam Madinah.
Landasan Politik di Masa Rasulullah
Langkah-langkah Rasulullah dalam memimpin masyarakat setelah hijrahnya ke Madinah, juga beberapa kejadian sebelumnya, menegaskan bahwa Rasulullah adalah kepala sebuah masyarakat dalam apa yang disebut sekarang sebagai negara. Beberapa bukti bisa disebut, diantaranya:Bai’at Aqabah
Pada tahun kesebelas kenabian, enam orang dari suku Khajraz di Yathrib bertemu dengan Rasululah di Aqabah, Mina. Mereka datang untuk berhaji. Sebagai hasil perjumpaan itu, mereka semua masuk Islam. Dan mereka berjanji akan mengajak penduduk Yathrib untuk masuk Islam pula. Pada musim haji berikutnya, dua belas laki-laki penduduk Yathrib menemui Nabi di tempat yang sama, Aqabah. Mereka, selain masuk Islam, juga mengucapkan janji setia (bai’at) kepada Nabi untuk tidak menyekutukan Allah, tidak mencuri, tidak berzina, tidak berdusta.

oleh_ODE MUHAJIR